Selasa, 14 Agustus 2018

TERNYATA Es Puter Asli Indonesia

ES PUTER ES KRIM ASLI INDONESIA





Gelato atau frozen yogurt sedang disukai. Akan tetapi, es cream tradisionil juga tidak kalah lezat di banding es cream dari Italia ataupun Amerika. Ditambah lagi jika bukan es puter

Es puter merupakan es cream asli Indonesia yang selintas tidak berlainan dengan es cream biasa. Akan tetapi, sesudah dicicipi, es puter mempunyai perasaan gurih ciri khas karena memiliki bahan santan, bukan susu. Pemanisnya dapat berbentuk gula pasir ataupun gula merah. 

Karakter Indonesia makin tampak dari macam perasaan es puter. Bila biasanya es cream mempunyai perasaan vanila, strobery, serta cokelat, es puter biasanya ada dalam variasi kacang hijau, nangka, durian, kopyor, alpukat, tapai ketan hijau, serta ketan hitam. 

Asal nama es puter belumlah di ketahui. Mungkin saja karena dalam membuatnya es cream ini di taruh dalam tabung. Kelilingnya dikasih bongkahan es batu serta ditaburi garam kasar lantas diputar-putar didalam tabung kayu. Juga bisa karena si penjual menjual es cream berkeliling-keliling, baik dengan sepeda ataupun gerobak. Umumnya si pedagang membunyikan seperti gong kecil waktu berjualan. Karena itu, es puter juga dimaksud es dung-dung atau es tong-tong. 

Es puter classic umumnya ditempatkan di dalam setangkup roti tawar, hingga esnya yang meleleh terserap ke roti. Diluar itu juga bisa diberikan dalam cone atau mangkok plastik. 

Beberapa bahan pembuat es puter terbagi dalam santan, gula, tepung maizena, dikit garam, serta bahan perasa (contohnya pandan, nangka, kacang hijau, dan lain-lain). Santan, gula, serta garam dibuat sampai mendidih, lantas dituangi larutan maizena. Sesudah diaduk, bahan perasa ditambahkan serta dibuat lagi sampai mendidih. Adonan lantas dilewatkan sampai dingin. 

Adonan es cream dapat diolah dengan tiga langkah. Langkah pertama memakai mesin es puter. Adonan dimasukkan di tabung kecil, lantas tabung itu dimasukkan lagi ke tabung besar. Diantara ke-2 tabung ditempatkan es batu serta garam. Lalu, tabung kecil ditutup serta diputar perlahan-lahan. Adonan diaduk-aduk tiap-tiap 10-15 menit. 

Langkah lainnya yaitu dengan membekukan adonan di freezer. Sesudah beku, adonan es cream di keluarkan, dikocok dengan mikser atau dikeruk dengan sendok, lantas dibekukan lagi. Kerjakan sekitar 3-4 kali sampai es cream lembut. Lebih praktis lagi bila memakai ice krim maker. 

Es puter memang lezat disantap demikian saja. Akan tetapi, supaya lebih meriah, Anda dapat memberikan beberapa topping. Misalnya merupakan daging kelapa muda, buah durian, atau saus kinca. Detikfood sempat juga tampilkan resep Tropical Sundae memiliki bahan es puter. Yuk coba! 

Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-2348167/dung-dung-es-puter-dengan-gurih-santan-asli-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar